Rangkaian Sederhana Menggunakan Transistor




Rangkaian Sederhana Menggunakan Transistor



Halo semua...
Oke, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa rangkaian tentang Elektronika dasar yang cukup keren dan mudah untuk dirakit. Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Aditya, biasa dipanggil Mas Adit. Tapi saya bukan Sopo, juga bukan Jarwo :v
Rangkaian yang akan saya bagikan kali ini merupakan rangkaian sederhana yang menggunakan Transistor. Mengapa Transistor? Sebab ada banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan Transistor. menurut saya, merakitnya juga sangat mudah dan praktis. Sangat cocok untuk yang masih pemula di bidang Elektronika.
Rata rata saya menggunakan Transistor C945 (NPN) dan Transistor A733 (PNP). Tujuan saya memilih transistor tersebut adalah karena cukup familiar dan sering dijumpai di rangkaian rangkaian Elektronika lainnya.
Jika Anda tidak pernah menggunakan transistor tersebut, Anda bisa menggantinya dengan seri C1815 (NPN) dan A1015 (PNP). konfigurasi pin dari kedua transistor ini sama persis. Yaitu E-B-C





Oke, berikut ini adalah Rangkaiannya, silahkan di Pilih, dan lihat rangkaian serta penjelasannya.

Transistor sebagai Flip-Flop
Transistor sebagai Indikator Charger
Transistor sebagai Sakelar Gelap-terang
Transistor sebagai Sakelar Sentuh
Transistor sebagai Tombol Sentuh
Transistor sebagai Rangkaian Delay
Transistor sebagai Servo Motor DC
Transistor sebagai Sirine dan Buzzer


Demikianlah Tentang Rangkaian Elektronika Sederhana yang dapat saya bagikan untuk kali ini,
Jika ada masalah, silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga dapat memberi manfaat bagi Anda untuk mengasah kreativitas. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.
Terimakasih sudah mampir. Jika bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark yaa.

Comments